Jumat, 17 Januari 2014

Resensi Buku "Wonderful Husband: Menjadi Suami Disayang Istri"



Judul Buku: Wonderful Husband: Menjadi Suami Disayang Istri
Penulis: Cahyadi Takariawan
ISBN: 978-602-1680-03-2
Penerbit: Era Adicitra Intermedia
Ketebalan: 2 cm, 314 halaman
Ukuran: 15 x 21 cm
Harga Buku: Rp 55.000

Blurb
Setiap istri pasti mendambakan suami yang ideal. Ideal bukan berarti sempurna. Ideal adalah proses dan usaha “menjadi”, bukan “hasil jadi”. Buku ini mengajak para suami untuk senantiasa memperbarui makna janji, ikrar, ikatan, dan akad saat prosesi pernikahan, agar menjadi suami ideal, suami yang sayang istri, suami yang disayang istri.

*****

Setiap istri pasti mendambakan suami yang ideal. Begitu juga saya dan jutaan istri yang ada di Indonesia juga menginginkan hal yang sama. Namun, apakah anda tahu, apa ideal itu? Bagaimanakah seseorang tersebut bisa disebut suami ideal?

Sebelum lebih jauh, coba kita telaah definisi ideal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ideal artinya sangat sesuai dengan yang dicita-citakan atau diangan-angankan atau dikehendaki. Dari situ kita tahu bahwa suami ideal adalah pasangan hidup (suami) dengan karakter yang sangat sesuai dengan yang dicita-citakan atau diangan-angankan atau dikehendaki. Namu coba kita cermati penggalan kalimat dalam buku wonderful Husband berikut ini:

“Saat seorang wanita memutuskan untuk menikah dan ia berharap mendapatkan suami ideal adalah sebuah kemustahilan. Sungguh, ia hanya akan menikah dengan seorang lelaki biasa saja yang bersedia melakukan pembelajaran bersama serta berproses bersama menuju kepada kondisi ideal yang diharapkan.

Karena itulah, Pak Cah membuat istilah yang lebih simpel, yaitu wonderful husband. Selanjutnya, bilamanakah seorang suami bisa disebut wonderful husband? Terdapat sembilan karakter wonderful husband atau karakter suami yang disayang istri yang secara mendetail dijabarkan dalam buku wonderful Husband. Secara singkat, berikut ini saya berikan bocorannya:

1.       Mampu memimpin keluarga dengan cinta

Ilustrasi suami penuh cinta

Suami perlu memiliki keterampilan memimpin dan melandasinya dengan perasaan cinta agar kepemimpinan menjadi menyenangkan bagi semua pihak. Memimpin tidak sama dengan memerintah, memaksa, mendominasi, dan menguasai. Memimpin adalah mengarahkan, melayani, memberi, menyantuni, membersamai, memahami, dan mengembangkan semua potensi kebaikan.

2.       Mampu menundukkan ego
Dalam rumah tangga, ada saatnya suami dan istri bertengkar. Untuk segera mengakhiri pertengkaran, keduanya harus saling mengalah, menundukkan ego, segera meminta maaf, dan mengakui kesalahan di hadapan pasangan.

3.       Selalu berusaha membahagiakan istri
Jadilah suami yang mampu membahagiakan istri sehingga istri akan dengan senang hati memberikan bantuan tanpa diminta. Apa pun diberikannya demi sang suami. Istri merasa nyaman dan tenang sehingga suami akan lebih optimal dalam menunaikan berbagai macam kegiatan dalam kehidupan.

4.       Fokus mengingat kebaikan istri
Kebiasaan menggunakan standar beda atau ganda dalam menilai perbuatan orang lain dengan perbuatan diri sendiri mengakibatkan kita mudah menyalahkan orang lain atas perbuatannya. Tetapi disaat kita sendiri melakukan perbuatan sama, ternyata kita menjadi sangat pemaaf.

5.       Memahami kondisi istri
Pemahaman yang mendalam tentang berbagai perubahan pasangan akan memunculkan suasana saling percaya di antara mereka. Tidak ada sesuatu yang muncul secara tiba-tiba karena setiap bentuk perubahan sekecil apa pun telah diketahui bersama.

6.       Menjadi teladan dalam kebaikan

Ayah merokok, jadi jangan hanya salahkan anak jika kelak anak juga merokok

Suami harus memberikan keteladanan dalam bentuk perbuatan nyata kepada keluarga. Hal yang penting lainnya adalah ia perlu memiliki sikap hidup yang positif, cara berfikir positif, serta kebersihan hati. Adanya ketiga hal tersebut di atas, akan lebih mudah bagi seluruh anggota keluarga meneladani kepemimpinannya.

7.       Memelihara kesetiaan
Ada banyak jebakan cinta yang mendorong seseorang mewujudkan perbuatan selingkuh. Karena itu, waspadalah, dan mulailah dengan menjernihkan logika, membersihkan hati, jadikan rumah sebagai pengontrol, mendekatlah ke pasangan juga anak-anak, dan jangan lupakan untuk menyempatkan refreshing berdua dengan pasangan.

8.       Selalu tampil young and fresh
Seperti kantor atau organisasi tempat Anda beraktivitas, rekan-rekan dan sahabat menuntut Anda untuk memberikan tenaga segar, pikiran jernih, dan dedikasi yang tinggi serta selalu tampil ceria dan elegan. Begitu pula istri dan anak-anak, mereka juga berhak mendapatkan Anda sebagai suami atau ayah dalam keadaan selalu segar dan bergairah saat di rumah.

9.       Memberikan yang terbaik
Tidak layak suami memberikan semua hal sisa kepada istri karena hal terbaik sudah dihabiskan untuk mengurus pekerjaan. Waktu, perhatian, dan fasilitas terbaik untuk mengurus pekerjaan. Dampaknya, ia tinggal memiliki tenaga, waktu, perhatian, bahkan fasilitas sisa untuk keluarga.

Dalam buku wonderful Husband, Pak Cah mengajak para suami untuk memperbarui motivasi dan menguatkan kembali makna ikatan dengan istri. Karena proses pernikahan yang sakral pada hakikatnya adalah sebuah ikrar dan perjanjian agung atas nama Tuhan, diresmikan oleh negara, disaksikan orang tua, keluarga, kerabat, sahabat, tetangga dan sanak saudara.

Dalam kehidupan keluarga, semua pihak saling memberikan pengaruh baik positif maupun negatif. Jadi, jika menghendaki suami ideal, maka istri harus membantu suami untuk selalu berproses menuju kondisi ideal.

Bagaimana caranya?
Pertama, berikan kepercayaan kepada suami.
Kedua, hindari bentuk kalimat negatif dalam menyampaikan keinginan.
Ketiga, gunakan kalimat positif untuk mendorong suami agar selalu berproses menuju kebaikan.


Perlu diingat:
  • Wonderful husband hanya akan didapatkan dalam sebuah keluarga yang seluruh anggotanya seiya sekata. Mereka saling melengkapi, saling menguatkan, saling mengisi, saling memberi, saling menasihati, saling menjaga, dan tentu saja saling memahami semua proses menuju kondisi ideal yang diidamkan.
  • Buku Wonderful Husband sangat cocok baik untuk laki-laki atau perempuan lajang, pasangan pengantin baru maupun pasangan pengantin lama. Karena  buku ini memberikan gambaran bahwa perlu sebuah proses panjang untuk mencapai kondisi ideal yang diharapkan ada pada suami. Dan untuk mencapainya, peran serta seluruh anggota keluarga juga diperlukan di sana.
  • Buku Wonderful Husband sangat cocok untuk kado (hadiah) baik ulang tahun, pernikahan, maupun ulang tahun peernikahan. Karena di halaman awal terdapat kolom kosong untuk diisi oleh pemberi hadiah.
Buku ini saya hadiahkan untuk: .....

Artikel ini diikutkan dalam:

20 komentar:

  1. mantaabb.... aku mau ikut gak punya bukunya mak huaaa nangis...*mehtukuranduweduit

    goodluck ya maak :-D

    kali ni aku absen duluu hukzz

    BalasHapus
  2. makasih ya mak icha atas kunjungannya..
    salam kenal ^_^

    saya juga ini bukunya dapet dari kuis mak.. hehe..

    BalasHapus
  3. Pengen ikutan GAnya tapi belum punya bukunya. Hunting dulu ah

    BalasHapus
  4. ayo mak ika,,, ikutan...

    terima kasih ya mak sudah berkunjung..
    salam kenal.. :D

    BalasHapus
  5. aiihhh jd penasaran sama bukunya mba.. :)

    BalasHapus
  6. bagus des bukunya, kalo deket udh kupinjami.. hehe.. :D

    BalasHapus
  7. Waah...jadi pengen baca :)
    Moga sukses untuk ngontesnya ya, Mak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mak segera cari bukunya,, atau aku pinjami punyaku.. hehe

      Amiin.. makasih ya mak atas kunjungannya.. ^_^

      Hapus
  8. huwa....bagussss, oke banget cara resensinya say :) Good luck ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbaak,, makasih ya sudah sering berkunjung.. Ini kontes pertama aku.. hehe.. masih harus banyak belajar ni sama mb dame.. ^_^

      Hapus
  9. kunjungan jury...makasih ya partisipasinya...

    BalasHapus
  10. @indah nuria savitri: makasih ya mak indah sudah berkunjung... ^_^

    BalasHapus
  11. Mantap...paduka Rizal Amidy is the real wonderfull husband....permaisuri Utari is the real wonderfull wife...perfecto

    BalasHapus
  12. selamat bu utary karena udah memenangkan GA nya sukses selalu yaaa

    BalasHapus

Keunikan Masjid Syech Sulaiman Lubis Alkholidy

Assalamualaikum wr. wb. Senin, 13 juni 2016 saya dan rombongan melakukan perjalanan dari kota padangsidimpuan menuju kabupaten mandaili...