Rabu, 18 Desember 2013

Menuju Sehat dengan Sarapan Buah

Ada yang salah dengan pola makan saya beberapa waktu terakhir. Ini  saya lihat dari berat badan yang semakin lama semakin naik. Ketika ibu  menyusui (busui) lain semakin lama semakin melangsing karena menyusui, tidak berlaku untuk saya. Karena saat ini berat badan saya mendekati berat badan ketika hamil 7 bulan. :(
Semenjak melahirkan dan menjadi full time mother, berat badan saya naik 2 kg. Sedangkan ketika aktif bekerja, berat badan bukannya turun malah naik lagi.. *sigh* Saya menyadari saya bukan orang yang disiplin dalam mengatur pola makan dan olahraga. Suatu ketika melikat anak-anak SD bermain sepeda, saya jadi rajin bersepeda kemana-mana. Ketika teman-teman rajin lari, saya sibuk mempersiapkan diri untuk memulai
lagi kebiasaan lari saya dulu. daan hanya beberapa kali saja saya lari pagi, sisanya saya malah "lari dari kenyataan" hahaha. Terakhir ketika teman-teman di dunia maya heboh membuat smoothing dan jus, saya juga berkeinginan untuk mencobanya.
Alasan kenapa saya ingin mencoba mengikuti tren minum jus tiap pagi, karena saya menyadari pola makan saya memang kurang bagus. Saya cepat lapar, saya makan banyak, dan saya makan segala yang pengen dimakan.. hiks. Pola makan yang tidak bagus dan ditambah dengan jarang olahraga membuat berat badan saya semakin lama semakin naik. Saya merasa tidak segesit dulu dalam bergerak karena kelebihan berat badan.
Minum jus buah di pagi hari juga dilakukan oleh orang-orang yang menerapkan pola makan food combining. Pelaku food combing disarankan mengonsumsi buah segar karena hal ini sesuai dengan ritme sirkadian. Dalam bukunya 'Mitos dan Fakta Kesehatan', pakar Food Combining Erikar Lebang memberikan penjelasan seperti berikut ini:

  • Pukul 12.00 hingga 20.00, adalah waktunya tubuh mencerna dan menyerap bahan makanan sesuai dengan kebutuhannya.
  • Pukul 20.00 hingga 04.00, adalah waktunya tubuh memproses makanan yang telah Anda makan pada siang hingga pukul delapan malam dan menggunakannya sesuai dengan keperluan.
  • Pukul 04.00 hingga 12.00, adalah waktunya 'sisa proses' makanan itu dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran, urine, keringat atau napas.

Saat ini, saya belum benar-benar menerapkan food combining, tetapi saya ingin mulai dari sarapan buah dulu. Semoga bisa rutin. Untuk menyemangati kebiasaan baik ini, saya berencana untuk menuliskan perkembangan program menuju food combining ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keunikan Masjid Syech Sulaiman Lubis Alkholidy

Assalamualaikum wr. wb. Senin, 13 juni 2016 saya dan rombongan melakukan perjalanan dari kota padangsidimpuan menuju kabupaten mandaili...